Marketing Mix
Marketing Mix
“ Marketing mix as the
set of controllable marketing variables that the firm bleads to produce the
response it wants in the target market” merupakan pengertian marketing mix dari Kotler dan Amstrong pada tahun 1997.
Di dalam marketing mix terdapat beberapa elemen marketing yang dikenal dengan unsur 4P , namun seiring berkembangnya jaman, kini
ada yang mengatakan marketing mix ada 7P,
artinya ada penambahan Tiga strategi lagi.
Apa saja unsur – unsur marketing Mix baik 4P atau 7P tersebut,
berikut disebutkan :
- Produk
- Price
- Promotion
- Place
--------------------------------------------------------------
4P
- Partisipant/ People
- Proses
- Physical Evidence
--------------------------------------------------------------- 7P
Marketing Mix Product :
Produk sendiri terbagi dua yaitu produk nyata (barang) dan produk
tidak nyata (jasa). Dalam hal
produk perlu di perhatikan kualitas, layanan, dll karena konsumen bukan hanya sekedar ingin tapi juga membutuhkan dan harus kita
perhatikan kepuasan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan.
Marketing Mix Price :
Strategi dalam menentukan harga yang kita tawarkan kepada konsumen ,
karena harga juga penentu apakah konsumen mau membeli produk kita atau tidak.
Marketing Mix Promotion / Promosi :
Merupakan strategi dalam mengkomunikasikan informasi produk atau jasa
dari penjual kepada pembeli, dalam hal ini kita harus pandai menyusun
strategi promosi agar produk kita bisa dikenal oleh konsumen.
Marketing Mix Place:
Sering juga di sebut saluran distribusi, yang berarti keseluruhan
kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya
dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai.
Marketing Mix Partisipant or People :
Partisipant atau people yang di maksud adalah mereka yang ikut
berpartisipasi dalam startegi pemasaran produk atau jasa, misal dalam usaha
restoran maka yang di maksud adalah kasir, pelayan, baik yang terlibat langsung mau pun tidak.
MarketingMix Procces :
Menunjukan bagaimana proses pelayanan yang
di berikan kepada konsumen pada saat melakukan pembelian produk atau jasa yang
kita tawarkan.
Marketing Mix Physical Evidence / Lingkungan Fisik :
Merupakan Lingkungan fisik yang berkaitan dengan keadaan atau kondisi
yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik
merupakan segi paling jelas dan nampak dalam kaitannya dengan situasi pemasaran
. Maksud dari situasi ini adalah keadaan atau situasi dan kondisi secara
geografi, lingkungan institusi, dekorasi dari ruangan, adanya suara, aroma
fisik , cahaya yang terpancar , cuaca yang baik, peletakan dan layout yang
nampak atau situasi lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli, hal ini di
kemukakan oleh Belk 1974 dalam Assael 1992.
The Le_Meridian Funding Service went above and beyond their requirements to assist me with my loan which i used expand my pharmacy business,They were friendly, professional, and absolute gems to work with.I will recommend anyone looking for loan to contact. Email..lfdsloans@lemeridianfds.com Or lfdsloans@outlook.com.WhatsApp ... + 19893943740.