Analisa Marketing Mix pada Perusahaan Jasa (JNE Indonesia)
Tiki JNE merupakan salah satu perusahaan di bidang jasa
pengiriman barang dan logistik domestik terbesar di Indonesia yang tidak hanya bergerak dalam pengiriman dalam nergeri saja, akan tetapi juga pengiriman internasional. PT
Tiki JNE di dirikan oleh seseorang bernama Soeprapto Suparno pada tahun 1990
silam, tepatnya pada tanggal 26 November. Nama TIKI JNE sendiri merupakan dua
kata yang memiliki singkatan yaitu TIKI yang diambil dari singkatan Titipan
Kilat dan JNE yang merupakan singkatan dari Jalur Nugraha Ekakurir (Express Across Nations).
Saat ini JNE dan Tiki merupakan dua perusahaan jasa pengiriman yang berbeda, karena keputusan JNE yang melepaskan diri dari Tiki. JNE memiliki kantor pusat di Jakarta, Indonesia. Baik Tiki maupun JNE saling bersaing dan tumbuh menjadi perusahaan pengiriman yang besar dengan arah masing-masing.
Dalam hal ini, penulis akan menganalisa marketing mix (7P) yang terdapat dalam perusahaan JNE ini.
- PRODUK
JNE
bergerak dibidang jasa yaitu dalam pengiriman barang dan logistic mencakup wilayah seluruh Indonesia. Dalam hal
ini JNE memiliki product level, yaitu
- Core benefit: jasa pengiriman.
- Basic Product: jasa pengiriman barang dengan berat di atas 500 gram
- Expected Product: diterimanya barang di tujuan
- Augmented Product: melayani pesanan dan pengiriman makanan khas daerah ke tujuan
- Potential: jasa pengambilan barang dari asal dan mengirimkan barang tanpa ada batasan berat dan jenis makanan sampai ke tujuan.
- PRICE
Harga
yang ditawarkan oleh JNE bergantung dengan seberapa jauh jarak costumer
mengirimkan barang dan berat barang. Berat minimum yang diberlakukan adalah 1
kg, walaupun berat barang kurang dari 1 kg, akan tetap dihitung 1 kg, dan untuk
penentuan harganya JNE menghitung tidak hanya jarak tujuan pengiriman, tapi
juga berat, dan juga besar kemasan dengan perhitungan menggunakan rumus :
(Besaran Kg) * Harga
per-1 Kg sesuai jarak pengiriman =
(Panjang * Lebar *
Tinggi : 6000) * Harga per-1 Kg
- PLACE
Untuk
tempat JNE memiliki banyak cabang diberbagai wilayah dengan posisi yang
strategis dan mudah dijangkau, sebagai contoh di T-Mart yang lokasinya
berdekatan dengan asrama mahasiswa Telkom University.
- PROMOTION
Promotion
yang dilakukan oleh pihak JNE biasanya berupa iklan menggunakan spanduk,
banner, dan lain-lain.
- PEOPLE
Karyawan
JNE mampu melayani konsumen dengan baik.
- PROCESS
Process
yang harus dilakukan ketika menggunakan jasa JNE adalah ketika:
Seseorang
hendak mengirim barang ke suatu wilayah, ia dapat mendatangi cabang JNE
terdekat dengan membawa barang tersebut. Dicabang JNE akan di minta data-data
seperti nama, no ktp, alamat, alamat barang yang dituju dan lain-lain. Setelah
itu barang akan dikirimkan ke alamat yang dituju. Dalam proses ini pihak JNE
mempunyai standar keramahan dan ketelitian karyawan dalam penginputan data dari
barang yang akan dikirim.
- PHSYLICAL EVIDENCE
Adanya
web JNE, untuk fungsi web disini bermacam macam salah satunya adalah untuk
mengecek barang yang dikirim sudah sampai ke tujuan atau belum. Selain itu JNE
juga memiliki layanan customer care untuk menanggapi keluhan yang ada.
Demikianlah hasil analisa penulis mengenai marketing mix yang terdapat pada perusahaan jasa JNE Indonesia.
Anda mau meningkatkan kekompakan kerja lebih produktif, bahkan lebih efektif dari sebelumnya..silakan lihat sekarang disini cara meningkatkan kekompakan kerja
Terimakasih atas informasinya sukses slalu
Software Database Guru
thanks for informasinya
Software Toko Bangunan
Makasih infonya..
Terima kasih atas informasinya. Sangat membantu dalam mengerjakan tugas kuliah
terimakasih materinya , sangat menarik
Making Money - Work/Tennis: The Ultimate Guide
The way you www.jtmhub.com would expect from betting communitykhabar on the tennis matches of tennis is to bet on the player you like most. หารายได้เสริม But you also https://deccasino.com/review/merit-casino/ need a different ventureberg.com/