Analisa Marketing Mix pada Perusahaan Jasa (JNE Indonesia)





Tiki JNE merupakan salah satu perusahaan di bidang jasa pengiriman barang dan logistik domestik terbesar di Indonesia yang tidak hanya bergerak dalam pengiriman dalam nergeri saja, akan tetapi juga pengiriman internasional. PT Tiki JNE di dirikan oleh seseorang bernama Soeprapto Suparno pada tahun 1990 silam, tepatnya pada tanggal 26 November. Nama TIKI JNE sendiri merupakan dua kata yang memiliki singkatan yaitu TIKI yang diambil dari singkatan Titipan Kilat dan JNE yang merupakan singkatan dari Jalur Nugraha Ekakurir (Express Across Nations).

Saat ini JNE dan Tiki merupakan dua perusahaan jasa pengiriman yang berbeda, karena keputusan JNE yang melepaskan diri dari Tiki. JNE memiliki kantor pusat di Jakarta, Indonesia. Baik Tiki maupun JNE saling bersaing dan tumbuh menjadi perusahaan pengiriman yang besar dengan arah masing-masing. 

Dalam hal ini, penulis akan menganalisa marketing mix (7P) yang terdapat dalam perusahaan JNE ini.  

  • PRODUK 

JNE bergerak dibidang jasa yaitu dalam pengiriman barang dan logistic  mencakup wilayah seluruh Indonesia. Dalam hal ini JNE memiliki product level, yaitu
  1. Core benefit: jasa pengiriman.
  2.  Basic Product: jasa pengiriman barang dengan berat di atas 500 gram
  3.  Expected Product: diterimanya barang di tujuan
  4.  Augmented Product: melayani pesanan dan pengiriman makanan khas daerah ke tujuan
  5. Potential: jasa pengambilan barang dari asal dan mengirimkan barang tanpa ada batasan berat dan jenis makanan sampai ke tujuan.

  • PRICE
Harga yang ditawarkan oleh JNE bergantung dengan seberapa jauh jarak costumer mengirimkan barang dan berat barang. Berat minimum yang diberlakukan adalah 1 kg, walaupun berat barang kurang dari 1 kg, akan tetap dihitung 1 kg, dan untuk penentuan harganya JNE menghitung tidak hanya jarak tujuan pengiriman, tapi juga berat, dan juga besar kemasan dengan perhitungan menggunakan rumus :
(Besaran Kg) * Harga per-1 Kg sesuai jarak pengiriman =
(Panjang * Lebar * Tinggi : 6000) * Harga per-1 Kg

  • PLACE
Untuk tempat JNE memiliki banyak cabang diberbagai wilayah dengan posisi yang strategis dan mudah dijangkau, sebagai contoh di T-Mart yang lokasinya berdekatan dengan asrama mahasiswa Telkom University.

  • PROMOTION
Promotion yang dilakukan oleh pihak JNE biasanya berupa iklan menggunakan spanduk, banner, dan lain-lain.

  • PEOPLE
Karyawan JNE mampu melayani konsumen dengan baik.
  •  PROCESS
Process yang harus dilakukan ketika menggunakan jasa JNE adalah ketika:
Seseorang hendak mengirim barang ke suatu wilayah, ia dapat mendatangi cabang JNE terdekat dengan membawa barang tersebut. Dicabang JNE akan di minta data-data seperti nama, no ktp, alamat, alamat barang yang dituju dan lain-lain. Setelah itu barang akan dikirimkan ke alamat yang dituju. Dalam proses ini pihak JNE mempunyai standar keramahan dan ketelitian karyawan dalam penginputan data dari barang yang akan dikirim.
  •  PHSYLICAL EVIDENCE
Adanya web JNE, untuk fungsi web disini bermacam macam salah satunya adalah untuk mengecek barang yang dikirim sudah sampai ke tujuan atau belum. Selain itu JNE juga memiliki layanan customer care untuk menanggapi keluhan yang ada.

Demikianlah hasil analisa penulis mengenai marketing mix yang terdapat pada perusahaan jasa JNE Indonesia.

Categories:

7 Responses so far.

  1. cahyo says:

    Anda mau meningkatkan kekompakan kerja lebih produktif, bahkan lebih efektif dari sebelumnya..silakan lihat sekarang disini cara meningkatkan kekompakan kerja

  2. Esmeralda says:

    Terimakasih atas informasinya sukses slalu
    Software Database Guru

  3. Terima kasih atas informasinya. Sangat membantu dalam mengerjakan tugas kuliah

  4. terimakasih materinya , sangat menarik

  5. Anonim says:

    Making Money - Work/Tennis: The Ultimate Guide
    The way you www.jtmhub.com would expect from betting communitykhabar on the tennis matches of tennis is to bet on the player you like most. หารายได้เสริม But you also https://deccasino.com/review/merit-casino/ need a different ventureberg.com/

Leave a Reply